Dampak Transformasi Digital pada Kinerja UMKM di Indonesia

Penulis

  • Muhammad Rafieq Adi Pradana Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Epi Parela Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Nanda Pramana Putra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Krakatau

DOI:

https://doi.org/10.61401/relevansi.v8i1.112

Kata Kunci:

Transformasi Digital, Kinerja UMKM, Kepemimpinan, Kapabilitas Pemasaran, Literasi Digital, Pandemi COVID-19

Abstrak

Penelitian ini mengkaji dampak transformasi digital terhadap kinerja UMKM di Indonesia melalui analisis data sekunder dari berbagai studi yang sudah dipublikasika. Transformasi digital, yang mencakup penggunaan teknologi digital untuk mengubah proses bisnis dan interaksi dengan pelanggan, telah menjadi kunci untuk mempertahankan daya saing UMKM di era digital. Analisis dilakukan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan transformasi digital dan dampaknya terhadap kinerja UMKM. Temuan utama penelitian ini

menunjukkan  bahwa  perilaku  pimpinan  dan  formalitas  berpengaruh  signifikan  terhadap

penggunaan media digital, sementara kepemimpinan kewirausahaan secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi kinerja UMKM. Kapabilitas pemasaran dan pemasaran digital juga terbukti meningkatkan kinerja UMKM. Selain itu, literasi digital memainkan peran penting dalam mendukung transformasi digital dan daya saing usaha mikro dan kecil. Pandemi COVID-19 telah mempercepat adopsi teknologi digital oleh UMKM, yang berdampak positif terhadap kinerja mereka. Model transformasi digital yang disesuaikan dengan kondisi spesifik UMKM selama pandemi terbukti efektif dalam mempercepat proses transformasi dan meningkatkan kinerja.  Platform digital  berbasis  ekosistem  membantu  UMKM  mengintegrasikan sumber pengetahuan strategis dan merespons perubahan lingkungan yang dinamis, meningkatkan inovasi dan daya saing mereka di pasar global

Unduhan

Diterbitkan

29-06-2024

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama