Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha ( Studi Pada Marketplace Facebook Kota Kupang )
DOI:
https://doi.org/10.61401/relevansi.v7i2.108Kata Kunci:
Motivasi, Lingkungan, Minat Berwirausaha, Marketplace FacebookAbstrak
Fitur baru yang diluncurkan oleh facebook telah membuat banyak wirausaha yang memanfaatkan marketttplace facebook guna mempromosikan produknya kepada konsumen. Meskipun marketplace facebook tergolong masih baru dibandingkan marketplace lainnya tetapi facebook sendiri sudah familiar di berbagai kalangan masyarakat apalagi dalam penggunaannya facebook sangat mudah digunakan sehingga para pengguna cepat memahami dalam mengakses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan terhadap minat berwirausaha baik secara parsial maupun simultan. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner,observasi dan dokumentasi. selain itu populasi dari penelitian ini adalah wirausaha di Marketplace Facebook Kota Kupang yang tidak dapat diketahui jumlah secara pasti sehingga penarikan sampel dilakukan menggunakan random sampling dengan rumus lemeshow diperoleh 96 sampel. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan data SPSS versi 21. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji F dimana sebelum menggunakan uji ini dilakukan uji asumsi klasik. Hasil uji parsial menunjukan bahwa variabel motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan Terhadap Minat berwirausaha, variabel lingkungan berpengaruh secara positif dan signifikan Terhadap Minat berwirausaha. Hasil uji simultan menunjukan bahwa variabel motivasi dan lingkungan secara simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.