Pengaruh Marketing Mix Terhadap Pelanggan Centra Fitness Bandar Lampung

Penulis

  • Martin Aditya Agung
  • Arief Pramono
  • Yahya
  • Nanda Pramana Putra
  • Arman Syarif
  • M. Rafieq Adi Pradana

DOI:

https://doi.org/10.61401/relevansi.v7i2.103

Kata Kunci:

tempat fitness, marketing mix, pelanggan

Abstrak

Abstrak

Kesadaran akan pentingnya kesehatan membuat sebagian besar masyarakat merubah pola hidupnya menjadi pola hidup yang lebih sehat. Salah satunya yakni menjadikan olahraga fitness sebagai sarana mencapai tujuan sehat tersebut. Keterbatasan waktu dan tingkat kepraktisan, menjadi salah satu pertimbangan kenapa masyarakat lebih memilih olahraga fitness dibandingkan olahraga fisik lainnya. Merebaknya jumlah tempat fitness maupun pusat kebugaran membuat tingkat persaingan menjadi semakin ketat, sehingga konsumen memiliki posisi tawar yang tinggi terhadap kualitas produk ataupun pelayanan, harga produk, lokasi yang strategis, serta promosi yang dilakukan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketing mix ( produk, harga, lokasi dan promosi ) terhadap pelanggan Centra Fitness Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Centra Fitness Bandar Lampung. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji validitas dan reliabilitas , dimana untuk analisis data sendiri menggunakan metode analisis kuantitatif . Penelitian dilakukan menggunakan metode pernyataan terhadap 30 responden pelanggan Centra Fitness Bandar Lampung dimana 83,3% ialah laki – laki dan sisanya sebesar 16,7% ialah perempuan. Dari pengujian yang menggunakan program SPSS 22 didapat hasil bahwasannya ada pengaruh marketing mix sebesar 41,8% terhadap pelanggan centra fitness Bandar Lampung

Unduhan

Diterbitkan

17-11-2023

Cara Mengutip

Agung, M. A. ., Pramono, A., Yahya, Putra, N. P., Syarif, A., & Pradana, M. R. A. (2023). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Pelanggan Centra Fitness Bandar Lampung. Jurnal Relevansi : Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 74–86. https://doi.org/10.61401/relevansi.v7i2.103